Kamis, 01 Juni 2023

Laporan Akhir 1 (Percobaan 1)




Laporan Akhir 1 (Percobaan 1)

1. Jurnal
[Kembali]


Gambar Jurnal Perhitungan Percobaan 1

2. Alat dan Bahan [Kembali]

   
Gambar 1. Module D'Lorentzo

1. Panel DL2203C
2. Panel DL 2203D
3. Panel DL 2203S
4. Jumper

Gambar 2. Jumper

3. Rangkaian Simulasi [Kembali]
 
Gambar 3. Rangkaian pada Proteus

Gambar 4. Rangkaian pada Module D'Lorentzo

4. Prinsip Kerja Rangkaian [Kembali]

Rangkaian yang digunakan dalam percobaan menggunakan gerbang logika NOT, AND, OR, XOR, NAND, NOR, dan XNOR. Setiap gerbang logika dihungkan dengan input B1 dan B0 untuk kemudian dilihat outputnya. 

a) Gerbang NOT
    Gerbang NOT adalah gerbang logika yang mana outputnya merupakan kebalikan dari input. Jika inputnya berlogika 0, maka outputnya akan berlogika 1 dan begitu juga sebaliknya.

b) Gerbang AND
    Gerbang AND merupakan gerbang logika yang mana prinsip kerjanya perkalian. Contohnya, ketika input gerbang AND berlogika 1 dan 0, maka outputnya berlogika 0 karena hasil perkalian dari 1 dan 0 adalah 0.
 
c) Gerbang OR
    Gerbang OR adalah gerbang logika yang prinsip kerjanya penjumlahan. Jika input dari gerbang logika OR adalah 1 dan 0 maka outputnya berlogika 1, jika input berlogika 1 dan 1, maka outputnya berlogika 1, dan jika output berlogika 0 dan 0, maka outputnya berlogika 0.

d) Gerbang XOR (Exclusive OR)
    Gerbang XOR merupakan gerbang logika yang mana ketika jumlah inputnya berlogika ganjil, maka outputnya akan berlogika 1, sedangkan ketika jumlah inputnya berlogika genap maka outputnya berlogika 0.

e) Gerbang NAND
     Gerbang NAND adalah gerbang logika yang outputnya merupakan output gerbang AND yang kemudian dihubungkan dengan gerbang NOT atau inverter sehingga output dari gerbang NAND merupakan kebalikan dari output gerbang AND. Ketika input berlogika 0 dan  0, maka outputnya berlogika 1. ketika input berlogika 0 dan 1, maka outputnya berlogika 1. ketika input berlogika 1  dan  0, maka outpunya berlogika 0. Sedangkan ketika input berlogika 1 dan 1, maka outputnya berlogika 0.

f) Gerbang NOR
    Gerbang NOR merupakan gebang logika yang outputnya merupakan output gerbang OR yang kemudian dihubungkan dengan gerbang NOT atau inverter sehingga output dari gerbang NOR merupakan kebalikan dari output gerbang OR. Ketika input berlogika 0 dan  0, maka outputnya berlogika 1. ketika input berlogika 0 dan 1, maka outputnya berlogika 0. ketika input berlogika 1  dan 0, maka outpunya berlogika 0. Sedangkan ketika input berlogika 1 dan 1, maka outputnya berlogika 0.

g) Gerbang XNOR
    Gerbang XNOR atau exculsive NOR merupakan gerbang logika yang bekerja dengan prinsip ketika jumlah input berlogika ganjil, maka outputnya berlogika 0, sedangkan ketika jumlah input berlogika genap, maka outputnya berlogika 1.
 
    Pada percobaan 1, setiap gerbang logika akan diuji untuk melihat bentuk gelombangnya dengan menggunakan input B0 dan B1 dimana B1 menngunakan clock sebagai input kemudian outputnya dilihat menggunakan H1 dan H2. Sehingga gelombang hasil percobaan dapat dilihat pada jurnal di atas

5. Video Rangkaian [Kembali]

Video Percobaan 1 tanpa clock

Video Percobaan 1 dengan clock

6. Analisa [Kembali]

1. Analisa tiap ouput pada tabel pertama percobaan 1!
Jawab: 
a). Gerbang NOT
    Prinsipnya yaitu kebalikan/invers. Maka jika input 1 maka outputnya 0, begitu sebaliknya. Dapat dilihat pada percobaan 1:
  • Jika B1=0, maka outputnya = 1
  • Jika B1=1, maka outputnya = 0
b). Gerbang AND
    Prinsipnya adalah perkalian, maka outputnya akan bernilai 1 jika seluruh inputnya berlogika 1. Dapat dilihat pada percobaan 1:
  • Saat B1=0 dan B0=0, maka outputnya 0
  • Saat B1=0 dan B0=1, maka outputnya 0
  • Saat B1=1, dan B0=0, maka outputnya 0
  • Saat B=1, dan B0=1, maka outputnya 1
c). Gerbang OR
    Prinsipnya penjumlahan, maka outputnya akan bernilai 1 jika salah satu atau lebih inputnya berlogika 1. Maka dapat dilihat pada percobaan 1:
  • Ketika B1=0 dan B0=0, maka outputnya 0
  • Ketika B1=1 dan B0=0, maka outputnya 1
  • Ketika B1=0 dan B0=1, maka outputnya 1
  • Ketika B1=1 dan B0=1, maka outputnya 1
d). Gerbang X-OR
    Prinsipnya ialah outputnya akan bernilai 1 jika penjumlahan inputnya ganjil, jika penjumlahan inputnya ganjil, jika penjumlahan inputnya bernilai genap maka outputnya 0. Dapat dilihat pada percobaan:
  • Saat B1=0 dan B0=0, outputnya 0
  • Saat B1=1 dan B0=0, outputnya 1
  • Saat B1=0 dan B0=1, outputnya 1
  • Saat B1=1 dan B0=1, outputnya 0
e). Gerbang NAND
    Prinsipnya sama seperti gerbang AND namun pada gerbang NAND ini output dari AND akan diinverskan. Misal input A=1, B=1 dihubungkan ke gerbang AND maka outputnya 1 lalu diinverskan, maka outputnya 0. Pada percobaan 1:
  • B1=0 dan B0=0, outputnya 1
  • B1=1 dan B0=0, outputnya 1
  • B1=0 dan B0=1, outputnya 1
  • B1=1 dan B0=1, outputnya 0
f). Gerbang NOR
    Prinsipnya seperti gerban OR namun diinverskan. Contohnya A1=1 dan A2=0, dihubungkan ke gerbang NOR maka outputnya 0. Seperti pada percobaan 1:
  • B1=0 dan B0=0, outputnya 1
  • B1=1 dan B0=0, outputnya 0
  • B1=0 dan B0=1, outputnya 0
  • B1=1 dan B0=1, outputnya 0
g). Gerbang X-NOR
    Prinsipnya seperti gerbang logika X-OR namun dibalikkan/diinverkan dengan NOT. Maka jika A=1 dan B=0, maka outputnya 1, karena ada NOT maka outputnya 0. Pada percobaan 1:
  • B1=0 dan B0=0, outputnya 1
  • B1=1 dan B0=0, outputnya 0
  • B1=0 dan B0=1, outputnya 0
  • B1=1 dan B0=1, outputnya 1
2. Analisa pengaruh clock untuk tiap output pada gerbang logika!
Jawab: Pengaruh clock ini ialah outputnya bisa jadi berubah bentuk atau tidak sesuai dengan input dan prinsip kerja dari gerbang logika. Pada percobaan 1:

a). NOT






b). AND





 



c). OR







d). X-OR






e). NAND









f). NOR









g). X-NOR






7. Link Download [Kembali]

  • Download HTML [klik disini]
  • Download Rangkaian Simulasi [klik disini]
  • Download Video Simulasi [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang NOT [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang AND (2 input) [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang OR (2 input) [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang NAND (2 input) [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang NOR (2 input) [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang XOR (2 input) [klik disini]
  • Download Datasheet Gerbang XNOR 4077 (2 input) [klik disini]
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Modul 4

    Smart Parking Area [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 2. Tujuan 3. Alat dan Bahan 4. Dasar Teori 5. ...